Sabtu, 20 Desember 2014

public speaking

di



assalamualaikum wr,wb

segala puji bagi Allah SWT, yang mana telah memberikan ribuan nikmat nya, sehingga saya dapat membuat sebuah artikel tentang public speaking yang allhamdulillah saya dapat pelajari beberapa tahun yang lalu.


public speaking atau berbicara di depan orang banyak adalah suatu kegiatan menyampaikan suatu informasi kepada orang bayak. biasa nya di lakukan pada pelaksanaan acara contoh : upacara,apel,presentasi dll.

mungkin sebagian dari kita mahir dalam berbicara dengan seseorang tetapi apakah orang itu mahir ketika berbicara di depan orang banyak ?
belum tentu, alangkah lebih baik nya apabila kita berlatih dan memahami aspek aspek dalam berbicara di depan orang banyak.

untuk itu saya menulis artikel ini, sesuai dengan kenyataan ketika saya belajar berbicara di depan orang banyak, dan alhamdulillah saat ini saya sudah terbiasa dan tidak canggung seperti sebelum nya.

 APA SAJA YANG HARUS DI PERSIAPKAN UNTUK BERBICARA DI DEPAN UMUM?

a. MATERI, semakin jelas dan sinkron materi yang kita berikan dalam keadaan tersebut memudahkan kita untuk memberikan informasi tersebut lebih jelas, dan juga kita harus memahami materi tersebut, agar apabila terjadi kesalahan dalam berbicara kita dapat mengulangi agar lebih jelas dan ter arah materi tersebut.
INGAT FAHAMI bukan HAFALI, walaupun ada beberapa hal yang harus kita HAFAL juga.


b. BAHASA, dalam hal ini bahasa juga penting kita harus pintar menggunakan bahasa agar dapat di mengerti oleh orang - orang yang akan kita berikan materi,
contoh : pidato di istana negara : tentu dengan bahsa yang FORMAL
contoh : presentasi di kelas : dapast di gunakan bahasa yang sederhana dan SOPAN

c. SIKAP, ini merupakan HAL yang tidak boleh di lepaskan dari urutan PERSIAPAN UNTUK BERBICARA DI DEPAN UMUM, karena walaupun kita menguasai materi, bahasa dll tetapi SIKAP kita kurang baik saat menyampaikan maka akan mengurangi ke efeketifan dalam berbicara
contoh : pada saat presentasi kita harus fokus dan tenang

d. KOMUNIKASI DENGAN PENDENGAR
dalam hal ini ada beberapa tipe public speaking  yang tidak di haruskan untuk komunikasi dengan pendengar, contoh nya pidato.
dan hal ini biasa di lakukan ketika : tausiyah, ceramah , presentasi .
contoh kasus  : ketika pidato ustadz bertanya : siapa yang disini shalat nya full 5 waktu ?
lalu pendengar merespon pertanyaan tersebut.

di dalam pidato juga sebenar nya ada pertanyaan pertayaan, namun tidak perlu di jawab.
contoh : berapa jumlah rakyat yang berkorban untuk NKRI ??
hanya untuk memperjelas atau mempertegas dan tidak perlu di jawab..

e. PERCAYA DIRI / PD
rasa percaya diri juga harus kita tumbuhkan agar kita selalu berani dalam menyampaikan materi yang akan kita sampaikan, jadi anggap saja kita sedang berbicara di kebun yang luas :) hehe..

Mungkin point - point diatas dapat membantu anda dalam BELAJAR PUBLIC SPEAKING

Kurang atau lebih dan apabila ada kesalahan kata / penulisan saya memohon maaf

wassalamualaikum,wr.wb